Selamat Datang di Web Jaringan Data dan Informasi Hukum Kabupaten Pemalang.
2019-09-11 10:27:51 - Ditulis oleh Administrator

PEMALANG - Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Pemalang meraih Peringkat Harapan III JDIHN Awards Tahun 2019 Kategori Kabupaten. Penghargaan diterima Bupati Pemalang, Junaedi, Selasa (10/9/2019). Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia  RI, Yasonna H. Laoly, dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi JDHIN Tahun 2019 di Jakarta pada tanggal 10 September 2019. JDIHN Awards diberikan kepada Anggota JDIHN dengan kinerja terbaik dalam berbagai tingkatan pengelola.

Unuk kategori Kabupaten, JDIHN Awards tahun ini diberikan kepada enam JDIH Kabupaten terbaik se-Indonesia. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas upaya Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam memenuhi hak-hak dasar masyarakat Pemalang berupa ketersediaan dokumen dan informasi hukum dalam bentuk pengelolaan JDIH.

Dalam pembukaan Rakor, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa penghargaan yang diberikan kepada para Anggota JDHIN selain sebagai bentuk apresiasi atas kesungguhan para pengelola didalam melakukan pengelolaan dokumen dan informasi hukum di instansinya. Penghargaan juga diberikan sebagai upaya untuk memacu percepatan terwujudnya basis data dokumen dan informasi hukum nasional. Dalam kesempatan tersebut, Yasonna berharap kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas dari seluruh anggota JDHIN dalam rangka pembangunan hukum nasional yang sejalan dengan kebijakan pemerintah dan kebutuhan global.

Sementara itu, Kepala BPHN Kemenkumham RI,  Benny Riyanto, melaporkan bahwa penghargaan bagi Anggota JDIHN terbaik diberikan untuk memotivasi dan mendorong realisasi pemenuhan hak-hak dasar masyarakat oleh pemerintah, terutama di bidang hukum, yaitu memberikan informasi hukum yang akurat, lengkap, cepat, dan mudah melalui pengelolaan JDIH berbasis pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Benny juga melaporkan bahwa Rakor JDIH  dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan membangun kerjasama yang efektif antara pusat JDIHN dengan anggota JDIHN dan antar sesama anggota JDIHN baik'di tingkat pusat maupun daerah dalam mengelola JDIH dalam sebuah sistem dan basis data nasional terintegrasi. Dalam rakor tersebut juga disampaikan best practices oleh pengelola JDIH terbaik di tingkat pusat dan daerah. Best practices tersebut diharapkan bisa menginspirasi pengelola JDIH lainnya dalam melakukan inovasi. ***



Foto Pilihan