Selamat Datang di Web Jaringan Data dan Informasi Hukum Kabupaten Pemalang.
2021-06-09 08:49:15 - Ditulis oleh Administrator

Bagian Hukum PEMALANG – Tim Pengelola JDIH Pemalang Bagian Hukum Sekretariat Daerah Pemalang melakukan studi tiru ke JDIH Batang. Studi tiru dilaksanakan pada hari Jumat, 4 Juni 2021. Menurut Kasubbag Kajian Produk Hukum dan Dokumentasi pada Bagian Hukum Setda Kabupaten Pemalang, Siti Nurchotimah, studi tiru ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai praktik baik pengelolaan JDIH yang dilaksanakan di Kabupaten Batang. Tim diterima oleh Tati Gondo Martono selaku Kasubag Dokumentasi pada Bagian Hukum Setda Kabupaten Batang.


     Seperti halnya JDIH Kabupaten Pemalang, JDIH Kabupaten Pemalang sedang melakukan fasilitasi pembentukan JDIH di Desa. Tati menyebutkan bahwa Tim JDIH Batang melakukan bimbingan teknis untuk memfasilitasi pengelolaan JDIH Desa. “Kita sudah berusaha mengenalkan JDIH ke desa, Namun, kita menyadari masih ada keterbatasan SDM sehingga JDIH di desa tertentu belum berjalan.”

    Selain melakukan bimbingan teknis, JDIH Batang juga melakukan survei desa dengan memberikan kuesioner untuk mengetahui sejauh mana pemahaman desa mengenai JDIH. Tati menyebutkan bahwa JDIH Batang baru saja menyelesaikan kegiatan Lomba JDIH Desa. Penilaian JDIH dilakukan dalam dua tahap. “Penilaian tahap kedua sudah kita lakukan, tinggal kita umumkan saja desa mana yang menjadi juaranya.”


      Mengenai website JDIH Desa, staf IT JDIH Kabupaten Batang menjelaskan, “Masing-masing desa sudah punya website. Melalui kerja sama dengan PPID dan Diskominfo, nantinya website tersebut akan terhubung dengan website JDIH Batang.”
Untuk memudahkan masyarakat mengakses koleksi perpustakaan hukum, JDIH Kabupaten Batang telah membuat aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial bernama E-BOOK JDIH yang bisa diunduh di Google Playstore. Sementara itu, untuk mengelola arsip produk hukum dan arsip lainnya, JDIH Kabupaten Batang menggunakan aplikasi kearsipan yang digunakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang. -QN



Foto Pilihan